Rusun Mahal Kurang Diminati Masyarakat

Tempat tinggal susun harga gazebo sewa (rusunawa) yang ada di Jalan Kusuma Bangsa sekarang ini telah mempunyai 2 bangunan. Namun sayang, bangunan rusunawa yang pertama (rusunawa twin blok I) belum seutuhnya terisi oleh warga orang-orang. Saat ini pemerintah meneruskan pembangunan rusunawa yang ke-2 (rusunawa twin blok II) serta telah nyaris teratasi.

Image result for rusun

Kepala Pengelola UPT Rusunawa harga kusen beton Dinas Perumahan, Lokasi Permukiman serta Pertanahan Kota Tarakan, Firman Ridwan menyampaikan dari 98 kamar yang ada di rusunawa twin blok I, sekarang ini yang ditempati oleh orang-orang baru sejumlah 39 kamar.

Artinya masihlah ada 59 kamar plafon anyaman bambu lagi yang belum dihuni sampai hari ini. Serta pengelola perlu saat yang lama untuk penuhi semuanya kamar di rusunawa. “Dalam saat sebagian minggu kedepan ini, tidak mungkin bila mesti selekasnya terisi penuh, ” ungkap Firman pada Radar Tarakan.

Untuk di ketahui, Twin blok I rusunawa mempunyai 5 lantai. Pemakaian lantai 1 dikhususkan pada orang-orang yang cacat. Ukuran kamar rusunawa bertipe 24 dengan ukuran 6 x 4 mtr..

Harga sewa kamar tidak sama di setiap lantai. Lantai 1 diberikan harga sewa Rp 500 ribu perbulan. Sesaat untuk lantai 2 disewakan Rp 475 ribu perbulan, lantai 3 disewakan Rp 450 ribu perbulan, lantai 4 disewakan Rp 425 ribu, serta lantai 5 disewakan Rp 400 ribu per bulannya.

“Harga itu dibedakan berdasar pada hitungan lantainya saja, ” katanya.

Berkaitan harga sewa rusunawa yang dinilai cukup tinggi, pihaknya mengakui telah mengemukakan hal semacam ini pada kepala daerah, serta harga rusunawa itu telah terdaftar dalam ketentuan wali kota (perwali).

Hingga apa pun persoalan yang ada di rusunawa, Firman mengakui mesti di sampaikan pada kepala daerah. Termasuk juga masalah tingginya harga sewa di rusunawa. Walau sekian, sampai sekarang ini belum ada pergantian harga tiap-tiap kamar di rusunawa itu.

“Tugas kami sebagai pengelola telah mengemukakan apa yang dikeluhkan orang-orang, tetapi tak ada pergantian (harga kamar rusunawa, Red), ” kata Firman pada wartawan.

Disamping itu, pada rusunawa twin blok II sampai saat ini masihlah belum dioperasikan lantaran masih tetap dalam step pelaksanaan serta belum meraih 100 %. Hal itu karena persoalan biaya yang dihadapi pemerintah hingga pelaksanaan rusunawa twin blok II itu jadi terhalang.

“Jadi untuk menjalankan rusunawa twin blok II, anggarannya tak ada, ” katanya.

Dianya menerangkan, kalau pada intinya tak ada yang membedakan bangunan rusunawa twin blok I serta twin blok II, tetapi waktu bangun rusunawa twin blok II, Pemkot Tarakan memperoleh hibah dari pemerintah pusat, serta segera ditangani pemerintah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s